Beranda » Artikel, Nutrisi

Hindari Junk Food, Hindari Depresi

Rabu, 13 Juni 2012 : 12:49 WITA  

Ilustrasi. Foto: Thinkstock.

Makanan yang satu ini memang jarang bisa ditolak. Rasanya nikmat di lidah. Ya, itulah junk food. Dengan tingginya level sodium dan kolesterol jahat di dalamnya, ia seringkali mengguncang tekad “bulat” kita untuk bisa hidup lebih sehat.

Hanya saja, selain tak baik bagi tubuh, baru-baru ini, junk food juga diamini sebagai makanan pengganggu kesehatan mental. Dalam studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Public Health Nutrition dikatakan, mengonsumsi baked goods komersil seperti donat dan croissant serta fast food, seperti pizza, hamburger, dan hot dog dapat meningkatkan risiko kita terkena depresi. Mereka yang terbiasa mengonsumsi makanan ini cenderung menganut gaya hidup sedentari(jarang beraktivitas), merokok, mengonsumsi asupan lain yang juga tak bernutrisi, serta bekeja lebih dari 45 jam seminggu.

“Konsumsi makanan tipe ini haruslah dikontrol sebab berdampak buruk bagi kesehatan fisik (obesitas dan penyakit kardiovaskular) dan mental,” papar salah seorang peneliti, Almudena Sanchez-Villegash.

Studi yang dilakukan oleh University of Las Palmas de Gran Canaria and the University of Granada ini melibatkan 8.964 orang yang tak mengalami depresi dan tak mengonsumsi obat anti-depressant. Kesehatan mental serta pola makanan para partisipan diteliti rata-rata selama 6 bulan.

Pada akhir penelitian, 493 orang mengalami depresi atau mengonsumsi obat anti-depressant. Peneliti menemukan, mereka yang mengonsumsi junk food terbanyak 51% lebih cenderung mengalami depresi dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsinya.

Sudahkah kita memilih asupan yang tepat? Milikilah kehidupan yang lebih bahagia dengan memiliki gaya hidup yang sehat. (Grace Natali)

Sumber: Prevention







Berita Terbaru

SMP Plus Airlangga Balikpapan
Jl. S. Parman 14 Gunung Guntur Balikpapan
Kalimantan Timur - 76100
Telp. 0542-414182, Faksimili. 0542-414182

Join/Follow/Subscribes: