Beranda » Utama

Belajar dari Alam di Km. 28 Lamin Etam Ambors Kutai Kertanegara

Rabu, 22 Mei 2013 : 13:57 WITA  

Proses belajar tidak selalu di dalam kelas. Peserta didik dapat menerima ilmu pengetahuan dari alam sekitar.  Belajar di  luar kelas, merupakan bentuk pendekatan belajar Contextual Teaching and Learning (CTL). Selain itu siswa sebagai peserta didik dapat mengaplikasikan gaya belajar masing – masing antara lain gaya belajar audio, visual dan kinestetik.

SMP Plus Airlangga mengadakan kegiatan belajar di luar kelas pada Hari Sabtu, 18 Mei 2013 di Lamin Etam Ambors (Amborawang Kutai Kertanegara).  Kegiatan belajar di luar kelas dengan mengaitkan beberapa mata pelajaran yang terkait dengan lokasi.  Dalam kegiatan ini beberapa guru mata pelajaran menugasi siswa – siswa kelas VII dan VIII dalam bentuk tugas lapangan antara lain :

  1. Mapel Bahasa Indonesia : membuat laporan pengamatan hasil kunjunga
  2. Mapel IPA (Biologi )         : mengamati dan mendata ekosistem dalam kwadran berukuran 1 m x 1 m
  3. Mapel Conversation         : Menulis percakapan dalam perjalanan di dalam sarana transportasi (bus)
  4. Mapel TIK                             : mendokumentasikan flora dan fauna kemudian disajikan dalam presentasi   menggunakan power point
  5. Mapel Bahasa Inggris      : Membuat tulisan dalam Bahasa Inggris tentang pengalaman kunjungan ke Lamin Etam Ambors.

Melalui kegiatan pembelajaran di luar kelas, siswa mendapatkan ilmu dan menerapkannya dengan lebih variasi, tidak “jenuh” hanya di dalam kelas. Kegiatan ini juga memberikan semangat atau energi yang positif kepada siswa, karena siswa dapat menggunakan semua indera tubuhnya dalam proses belajar dan mengajar.  Karena kegiatan mempunyai dampak yang positif bagi siswa, maka diharapkan kegiatan ini menjadi kegiatan tetap yang dilaksanakan setiap tahun (Ipenk)







Berita Terbaru

SMP Plus Airlangga Balikpapan
Jl. S. Parman 14 Gunung Guntur Balikpapan
Kalimantan Timur - 76100
Telp. 0542-414182, Faksimili. 0542-414182

Join/Follow/Subscribes: