Beranda » Utama

Bekali Guru dengan Pelatihan Komunikasi

Kamis, 16 Mei 2013 : 09:53 WITA  

Pada tanggal 27 April 2013, telah dilaksanakan kegiatan pembinaan untuk para guru di SMP Plus Airlangga  yang membahas “Komunikasi  Asertif dalam Kegiatan Belajar dan Mengajar”.  Kegiatan ini dianggap sangat penting untuk proses pembelajaran di lingkungan SMP Plus Airlangga, supaya setiap Tenaga  Pendidik mempunyai  persepsi yang sama dalam berkomunikasi secara Asertif baik kepada siswa, orang tua siswa, dan antar guru serta karyawan di lingkungan SMP Plus Airlangga. Demikian disampaikan Peny Kristin, S.Pd Kepala SMP Plus Airlangga.
Hadir sebagai Pembicara adalah Beda Arini Jaya, M.Pd. Beda menjelaskan bahwa ada tiga jenis komunikasi yang digunakan oleh setiap manusia, yaitu : 1). Komunikasi Agresif ; 2). Komunikasi Pasif ; dan 3). Komunikasi Asertif.  Seyogyanya sebagai Tenaga Pendidik, harusnya menggunakan komunikasi Asertif dalam kegiatan sehari–hari.  Karena sebagai Tenaga Pendidik menjadi teladan atau panutan bagi orang–orang di sekitarnya.  Ciri–ciri  Komunikasi Asertif adalah : respon terfokus atau tidak menyepelekan orang lain; konsentrasi atau mempunyai atensi yang tinggi; penuh antusiasme atau semangat atau gairah dalam berkomunikasi; tutur bahasa santun, dan mempunyai konsep “win – win solution” atau tidak ada pihak yang dirugikan.
Dalam seminar tersebut, guru–guru mendapatkan materi tentang : 1). Komunikasi Asertif dalam KBM ; 2). Kode Etik Guru dan 3). Cara mengatasi konflik. Diharapkan dari pembinaan tersebut, guru – guru mempunyai cara berkomunikasi yang tepat dan benar di dalam kegiatan belajar dan mengajar di lingkungan Satuan Pendidikan SMP Plus Airlangga.







Berita Terbaru

SMP Plus Airlangga Balikpapan
Jl. S. Parman 14 Gunung Guntur Balikpapan
Kalimantan Timur - 76100
Telp. 0542-414182, Faksimili. 0542-414182

Join/Follow/Subscribes: